Hasil Survei Diaspora : Elektabilitas dan Popularitas Rohidin Masih Dibawah Agusrin

0
41

Onlinebengkulu.com – Pada Minggu, 26 Juli 2020, Diaspora Research Strategy melakukan survei elektabilitas (tingkat pemilihan) Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Desember 2020 mendatang.

Dalam pelaksanaan survei tersbut, setidaknya melibatkan 700 responden yang dipilih secara acak bertingkat dengan margin of error 3,75 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dikatan oleh Ahmad Aprianto selaku Peneliti Diaspora Research Strategy, bahwa kandidat mantan Gubernur Bengkulu, yakni Agusrin Maryono Najamudin menempati peringkat pertama dengan tingkat popularitas mencapai 87,3 persen dan elektabilitas 81,4 persen. 

Menyusul kembali petahanan yakni, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan tingkat popularitas mencapai 79,6 persen dan elektabilitas 64,1 persen.

Kedudukan popularitas dan elektabilitas ketiga juga diraih oleh kandidat Helmi Hasan, dengan capaian popularitas 69,7 persen dan elektabilitas 74,3.

Dilihat dari hasil survei tersebut, bahwa mantan Gubernur Agusrin M Najamudin lebih mengungguli petahanan Gubernur Bengkulu dan Helmi Hasan.

Disampaikan juga dengan Ahmad, bahwa persentase elektabilitas petahana yakni Rohidin Mersyah mengalami penurunan 2,5 persen bila dibandingkan survei yang dilakukan pada Maret lalu sebesar 20,6 persen.

Menurut Ahmad, penurunan elektabilitas Rohidin tersebut dipengaruhi tingkat kepuasan masyarakat atas kinerjanya sebagai Gubernur Bengkulu yang menurun dari 47,2 persen menjadi 45,8 persen dengan tingkat ketidakpuasan mencapai 36,7 persen.

Tak hanya ketiga nama kandidat diatas, berikut hasil survei kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Pilkada 2020 mendatang :

  • Imron Rosadi, popularitas : 59,4 persen dan elektabilitas : 59,4 persen
  • Ahmad Hijazi, popularitas : 57,3 persen dan elektabilitas : 52,4 persen
  • Ferry Ramli, popularitas : 42,7 persen dan elektabilitas : 55,4 persen
  • Izda Putra, popularitas : 38,6 persen dan elektabilitas : 55,5 persen
  • Rosjonsyah Syahili, popularitas : 31,6 persen dan elektablitas : 49,5 persen.

(Aping)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here