Tetap Komitmen Ajak Masyarakat Ikuti Protokol Kesehatan

0
20

Onlinebengkulu.com – Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama masa pandemi Covid-19, Ikatan Pemuda Kabupaten Lebong (IPKL) melaksanakan sosialisasi dan pembagian perlengkapan protokol kesehatan Covid-19, Senin (27/7) siang.

Bentuk kegiatan sosialisasi tersebut dalam bentuk pemasangan spanduk yang bertuliskan “Jaga Diri, Jaga Keluarga, Patuhi Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Selama Masa Pandemi Covid-19”.

Spanduk tersebut dipasang di 5 titik yang menjadi pusat keramaian dan jalan lintas.

Selain pemasangan spanduk, IPKL juga melakukan pembagian perlengkapan protokol kesehatan Covid-19, berupa 100 lembar masker dan 100 buah face shield, yang dilaksanakan di 3 titik pusat keramian, yaitu Pasar Muara Aman, Pasar Rakyat Kelurahan Amen, dan Taman Smart City Krang Nio.

Ketua IPKL, Alexander mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pemuda terhadap masyarakat Lebong agar dapat terhindar dari wabah Covid-19. 

Diharapkan melalui kegiatan ini timbul kesadaran masyarakat untuk konsisten dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Perlu diingat bahwa istilah new normal yang selama ini beredar di masyarakat bukan berarti bahwa seluruh tatanan kehidupan sudah kembali normal seperti sebelumnya,” katanya, Senin (27/7).

Namun demikian, new normal ini merupakan bentuk AKB agar masyarakat tetap dapat beraktifitas dengan syarat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Selain meminimalisir potensi penularan Covid-19, penerapan konsep AKB ini juga bertujuan untuk memulihkan perekonomian.

Hal ini mengingat terbatasnya aktifitas masyarakat selama masa pandemi Covid-19 juga berakibat pada melambatnya roda perputaran ekonomi. 

“Untuk itu, kita mengajak kepada seluruh masyarakat Lebong agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktifitas di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Di tempat terpisah, sebagai upaya mendukung terciptanya kondusifitas wilayah dalam Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19, IPKL turut juga melaksanakan pemasangan spanduk Pilkada damai 2020. 

Spanduk tersebut dipasang di 5 titik, yaitu Taman Smart City Krang Nio, Tugu Presidium Lebong, Tugu “Ya Allah Rahmatilah Lebong”, Pertigaan Desa Talang Ulu, dan Taman Kota Tubei.

Pelaksana kegiatan, Edo Gio Pernando mengaku, Pilkada merupakan salah satu pesta demokrasi lima tahunan yang digelar di Lebong.

Pada Pemilu 2019 sebelumnya, dapat dilihat bahwa Lebong berhasil menyelenggarakan event tersebut dengan baik, aman dan kondusif. 

“Begitupun pada Pilkada 2015, seluruh rangkaian tahapannya, baik sebelum, selama pelaksanaan, maupun pasca Pilkada, situasi Kamtibmas di Lebong cenderung kondusif,” bebernya.

Pelaksanaan Pemilu, baik Pileg, Pilpres maupun Pilkada, yang berlangsung damai dan kondusif merupakan sebuah pencapaian besar bagi suatu daerah.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu indikator yang menunjukkan sejauhmana pemahaman dan penerapan nilai-nilai demokrasi oleh masyarakat setempat. 

“Prestasi yang selama ini sudah diraih oleh Lebong dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang damai dan kondusif perlu terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan,” ungkapnya.

Untuk itu, dibutuhkan peran serta kerja sama dari seluruh lini dan sektor, termasuk panitia penyelenggara, dalam hal ini adalah KPU dan Bawaslu, TNI-Polri dan terutama masyarakat.

Edukasi terkait nilai-nilai demokrasi perlu terus disosialisasikan secara massif, khususnya kepada para generasi muda. 

“Terutama dalam kondisi seperti saat ini, dimana pandemi Covid-19 jangan sampai menyurutkan semangat masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” lanjut dia menambahkan.

Saat ini pemerintah telah memberlakukan konsep AKB, dimana masyarakat tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasa, namun dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya kontrol dan pengendalian terhadap potensi penularan Covid-19.

“Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2020 ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan bekerjasama dalam menjaga kondusifitas wilayah guna mewujudkan Pilkada Damai 2020 di Lebong,” tuturnya. (Aping)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here