Dua Mahasiswa IAIN dan Unived Wakili Bengkulu ke Ajang PPKI Nasional

0
506

Onlinebengkulu.com – Prestasi menggembirakan terus diraih putera dan puteri terbaik dari berbagai kabupaten kali ini, Pela Parma Mahasiswa IAIN Bengkulu Program Studi PAI dan Andre Tama Munthe salah satu Mahasiswa Unived Bengkulu yang berasal dari Kabupaten Lebong terpilih mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang bergengsi pemilihan Putera-Puteri Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2021 yang akan digelar 4-10 Januari 2021 mendatang di Jakarta.

PPKI ini merupakan pemilihan generasi muda yang peduli akan kebudayaan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Kebudayaan bertindak sebagai dewan pengawas nasional kegiatan ini, M Satrio Nusantara sebagai CEO dari Putera-Puteri Kebudayaan Organization mengatakan bahwa untuk tahun 2020 ini Bengkulu telah melakukan seleksi melalui Regional Director Putera-Puteri Kebudayaan Bengkulu dan perwakilan Bengkulu tahun ini mempunyai kesempatan yang sama dengan wakil dari provinsi-provinsi lainnnya dari seluruh Indonesia.

“Putera Puteri Kebudayaan Indonesia adalah suatu kontes baru yang berbasis pada pengembangan kebudayaan di era 4.0. PPKI memiliki tagline “Muda Berkarakter Berbudaya”, yang memiliki arti bahwa generasi muda mampu memiliki karakternya masing-masing tetapi tidak melupakan kebudayaannya itu sendiri. Dengan visi mewujudkan generasi muda yang berkarakter, berbudaya, memiliki kemampuan berpikir yang kritis, kreatif, dan inovatif serta mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain dan untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya,” ujarnya.

Selaku Regional Director Putera-Puteri Kebudayaan Bengkulu, Reko Serasi, S.S., M.A. mengatakan bahwa timnya telah melaksanakan seleksi secara langsung terhadap beberapa kandidat yang diusulkan oleh berbagai pihak dan yang dihubungi secara langsung karena dianggap memenuhi kriteria yang ada.

“Setelah kita melakukan seleksi, akhirnya terpilih Pela Parma dan Andre Tama Munthe untuk mengikuti ajang PPKI ini di Jakarta nanti, kita berharap mereka bisa mengharumkan Provinsi Bengkulu, dan kita juga yakin dengan kemampuan mereka. Kita selalu support mereka untuk berkompetnsi nanti,” jelasnya.

Mendengar mahasiswinya terpilih sebagai finalis Puteri Kebudayaan Indonesia, Wakil Rektor III IAIN Bengkulu, Dr. H. Zulkarnain Dali, M.Pd, memberikan apresiasi serta dukungan kepada Pela Parma, namun tak hanya sebatas dukungan, ia juga memberikan imbauan kepada mahasiswinya tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan di manapun berada.

“Saya bangga sekali jika ada mahasiswa IAIN yang berkompetensi mengharumkan Provinsi Bengkulu ini, maka kami pihak IAIN juga akan mendukung serta memberika support, saya juga menyampaikan kepadanya untuk tetap mematuhi prokes, karena pelaksanaan pemilihan PPKI ini kan ditengah pandemi, jadi harus tetap waspada,” sampainya Wakil Rektor III, Zulkarnain Dali.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Rektor III Unived Bengkulu, Yode Arliando bahwasanya pihak kampus merasa sanggat bangga atas prestasi mahasiswanya dan akan mendukung secara penuh. “Kalau Andre terpilih di PPKI ini kita pihak kampus tidak kaget lagi ya, karena mahasiswa ini memang salah satu mahasiswa terbaik di Unived, berbagai kegiatan bergengsipun ia ikuti,” ungkapnya dengan bangga.

Selaku Dewan Penasihat Kegiatan Putera-Puteri Kebudayaan Indonesia, Krishna Gawaman, S.E.,M.M mempunyai harapan besar bagi generasi Bengkulu untuk lebih mengenal dan ikut melestarikan serta berkolaborasi dengan dinas terkait agar kebudayaan Bengkulu tidak punah. (Rk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here