Alisya Fianna Jane : Pandemi Bukan Alasan untuk Tidak Berkarya

0
7

Onlinebengkulu.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) Provinsi Bengkulu Alisya Fianne Jane mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Bengkulu untuk tidak berhenti berkarya, tetap berjuang, dan terus berinovasi. Meski diakuinya, pandemi Covid-19 menjadi beban nyata bagi pelaku UMKM.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti Webinar KOPITU bertajuk “Reformasi Struktural UMKM” dalam rangka memperingati HUT ke-2 KOPITU, Rabu, 18 November 2020. Webinar yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki dan menghadirkan tiga narasumber, yakni SVP Micro Development and Agent Banking Bank Mandiri Ashraf Farahnaz, SME Channel Sales Lead Blibli.com Agus Pribadi, dan Director of Government Affair and Strategic Collaboration Uun Ainurrofiq itu turut membahas tentang akses masuk pasar digital dan pembiayaan modal sebagai momentum kebangkitan UMKM Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Di ulang tahunnya yang kedua ini, kata Alisya, KOPITU mempertegas keseriusannya guna memperjuangkan pengusaha-pengusaha pemula meski di tengah himpitan persoalan pandemi.

“Dua tahun kiprah KOPITU dalam mensupport UMKM di Indonesia untuk naik kelas bukan sekadar kalimat dan kata-kata saja, namun dibuktikan dengan karya nyata, dan akan terus berlanjut dengan program-program strategis,” ungkapnya.

Salah satunya adalah dengan menggandeng pihak perbankan yang disertai program strategis. Baik itu untuk pelaku UMKM lama maupun baru demi pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

“KOPITU memiliki program kerja sama dengan Bank BRI dan Bank Mandiri untuk membuka 10 ribu pengusaha di Indonesia,” ujar Alisya.

“Tak hanya itu, KOPITU juga telah menjadi mitra kerja Jamsostek dan BPOM,” pungkasnya.

Untuk diketahui, KOPITU dibentuk sebagai wadah di tingkat nasional yang menyatukan pelaku usaha dan pemangku kepentingan lain baik pemerintah maupun non pemerintah untuk bersinergi meningkatkan kemampuan bersaing UMKM Indonesia.

HUT ke-2 KOPITU digelar secara virtual yang diikuti pengurus di tingkat pusat dan daerah. Selain webinar, KOPITU juga mengisi acara ulang tahunnya dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan secara serentak se-Indonesia. (Nurma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here