PKD Bengkulu 2020 Sukses Digelar

Onlinebengkulu.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu sukses menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Bengkulu tahun 2020 pada, Jum’at 06 November 2020 di Adeeva Hotel. Penyelenggaraan PKD ini menampilkan berbagai kebudayaan dan kesenian seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.

Sebelum memasuki area para undangan, wajib mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun yang semuanya memakai mesin otomatis. Jadi kesterilan tetap terjaga. Selain itu, para pengunjung juga mengecek suhu badannya melalui alat pengecek suhu badan otomatis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetty, M.M mengatakan bahwa, kali ini kita mengadakan PKD di tengah pandemi, maka dari itu, kami pihak penyelenggara mengimbau seluruh peserta untuk tetap mematuhi prokes yang telah ditetapkan.

Ia juga mengatakan Kota Bengkulu menjadi tuan rumah Indonesia untuk melaksanakan PKD ini, kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh Direktorat Jendral Kebudayaan.

Berikut tujuan dari Pekan Kebudayaan Daerah:

  1. Meningkatkan rasa bangga kita terhadap kebudayaan Indonesia khususnya Kota Bengkulu
  2. Memperkuat toleransi, saling mengenal, menyanyangi, berbagi informasi mengenai seni budaya yang ada di Kota Bengkulu dan kabupaten
  3. Membentuk kerja sama seluruh ekosistem pemajuan kebudayaan Indonesia khususny Bengkulu
  4. Memberikan ruang ekstensi seni budaya pada masyarakat Indonesia
  5. Melestarikan budaya yang kita punya karena itu merupakan tanggung jawab penuh kita untuk promosikan seni dan kebudayaan Provinsi Bengkulu.

“Kita harus bangga dengan seni dan budaya Bengkulu, kita semua harus ikut serta untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di kota dan seluruh kabupaten di Bengkulu, saling berkolaborasi,” ujar Kadis Dikbud Kota Bengkulu.

Dikatakan oleh Plt Walikota Bengkulu yang selanjutnya membuka acara secara resmi, Dedy Wahyudi bahwa ia bangga dengan adanya pergelaran kebudayaan ini. Walaupun ditengah pandemi covid. Ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk melestarikan kebudayaan.

Ia juga berpesan kepada seluruh seniman untuk, selalu semangat untuk melestarikan kebudayaan.

“Tidak hanya seniman, namun kita semua wajb melestarikan kebudayaan yang kita miliki, mari kita satukan tekad dan bersama-sama memajukan seni dan kebudayaan Bengkulu ini,” ujarnya.

Semua kabupaten memiliki kebudayaan masing-masing, oleh karena itu mari kita junjung semangat persatuan untuk kebudayaan kita yang lebih baik.

Ia juga berharap di 2021 nanti, PKD ini akan lebih meriah lagi. “Kita akan meriahkan lagi PKD selanjutnya dengan menghadirkan contigen lebih dari 1000, ini bisa tercapai dengan dukungan semua pihak,” katanya.

Setelah membuka acara, Plt Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi memberikan kenangan-kenangan kepada Rektor ISI Padangpanjang, yakni berupa tongkat.

Pekan Kebudayaan Daerah telah dilaksanakan pada tanggal 6-22 Oktober 2020 secara daring, yang menampilkan lomba tari dan musik tradisi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt Walikota Bengkulu, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Rektor ISI Padangpanjang Sumbar, Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, seniman dari 8 kabupaten dan Kota Bengkulu dan peserta. (m3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *