Satgas TMMD Kunjungi Produksi Pupuk Kompos Milik Warga Tamansari

Uncategorized11 Dilihat

 

Pati – Kegiatan pekerjaan pada TMMD reguler 111 Kodim 0718/Pati saat ini memasuki hari kedelapan belas setelah dibuka secara resmi. Dalam pengerjaannya satgas TMMD bersama masyarakat terus bahu membahu dan bergotong-royong, dan selain itu kegiatan komsos juga dilaksanakan satgas TMMD disela waktu istirahatnya. Salah satunya yang tampak terlihat ketika anggota satgas TMMD mengunjungi usaha pembuatan pupuk kompos yang memanfaatkan sampah kotoran hewan ternak.

Sertu Sumarno memanfaatkan waktu istirahat dengan mengunjungi usaha pembuatan pupuk kompos milik Jayadi (50) warga Dukuh Kalimati, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Karena sudah sering bertemu ketika bekerja dilokasi TMMD maka keakraban mereka sudah terjalin. Dalam kesempatan itu pun Sertu Sumarno belajar cara membuat pupuk kompos. Jum’at (02/07/2021).

Dijelaskan oleh Jayadi jika usaha yang ditekuninya sudah puluhan tahun yang lalu, dengan bangunan gudang hanya sekitar 4 x 7 meter berdiri di atas tanah disekitarnya adalah peternakan sapi dan kambing. Tumpukan kotoran hewan ternak yang setengah kering ia kumpulkan kemudian dilanjutkan tahap penggilingan agar menjadi halus.

“Usaha saya bermula ketika sampah kotoran ternak hewan yang baunya menyengat ini kesulitan untuk membuang, kemudian belajar dari berbagai penyuluhan pembuatan pupuk kompos inilah saya mencari modal usaha untuk membeli mesin penggiling pengurai sampah”,terangnya.

Ia pun menambahkan jika pupuk kompos yang sekarang diproduksi sasaran pembelinya dari penjual tanaman bunga dan juga budidaya pembibitan tanaman sayuran. Tidak hanya melayani dikota Pati saja namun sekarang banyak yang pesan dari luar daerah. Ia pun mengucapkan rasa terimakasih dengan adanya TMMD didesanya, yang sebentar lagi akan selesai dibangun jalan betonisasi sehingga ketika mengirimkan pupuk kompos produksinya sudah tidak susah payah lagi melintasi jalan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *