Tanaman Kacang Hijau Sudarmi Telat Dipanen

Uncategorized8 Dilihat

Pati – Tertihat pagi itu Serda Sukarji sedang memanen buah tanaman kacang dilahan salah satu warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Tidak seperti biasanya, batang tanaman kacang hijau tersebut daunnya sudah mengering dan tinggal buah kacang hijau yang tersisa.

Sudarmi (42) sebagai pemilik lahan mengatakan bahwa dirinya baru sempat memanen tanaman kacang hijaunya karena sibuk menyediakan jaminan (jajanan red) untuk anggota Satgas yang sedang bekerja di lokasi sasaran fisik TMMD. Tapi ia bilang itu tidak masalah, pasalnya kapan lagi bisa berpartisipasi untuk TNI yang sedang membangun desanya.

“Tidak masalah kok pak, ini kan cuacanya tidak panas. Jadi buah kacang hijaunya tidak percaya di pohonnya, saya kira masih aman untuk dipanen. Toh ini kan cuma memanfaatkan lahan yang kosong, karena tidak produktif kalau ditanami padi,” tutur Sudarmi.

Sementara Sukarji merasa kasihan dengan ibu Sudarni yang telah merelakan waktunya untuk anggota Satgas TMMD yang sedang bertugas di desanya. Sampai-sampai kebun kacangnya tidak terurus. Tidak ada ruginya dirinya sebagai anggota Satgas TMMD membantunya memanen kacang milik Ibu Sudarmi.

“Saya sudah sering melihat tanaman kacang hijau ini, saya pikir tidak diurus lagi. Ternyata memang belum sempat memanen. Itulah salah satu bukti kecintaan warga masyarakat terhadap TNI, ini berarti keberadaan TNI masih mendapatkan tempat di hati rakyat,” ujar Sukarji. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *