Usaha Penggemukan Sapi Milik Warga Tamansari Memberi Banyak Keuntungan

Uncategorized8 Dilihat

Pati – Disela istirahat bekerja berbagai macam kegiatan komsos yang dilaksanakan anggota satgas TMMD reguler 111 Kodim Pati guna mempererat keakraban dengan masyarakat. Salah satunya yang dilakukan Serda Ahmad yang memanfaatkan waktu istirahat untuk mengunjungi usaha penggemukan sapi milik Narto (36) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati.

Narto yang menyandang lulusan sarjana peternakan, mengembangkan ilmu yang dimilikinya pada bidang usaha penggemukan atau pembesaran sapi. Ia mengatakan jika awalnya membeli sapi bakalan yang digunakan yaitu bangsa sapi yang memiliki potensi pertumbuhan cepat seperti sapi peranakan ongole (PO) berkelamin jantan, berumur 2 tahun dengan berat badan rata-rata 203 kilogram. Sapi jantan dipilih karena hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dibanding betina.

“Saya membeli sapi bakalan dan untuk memberi pakan selain hijau hijauan saya gunakan jerami kering difermentasi karena terbatasnya lahan hijauan untuk memberi pakan, maka berbekal pelajaran yang saya miliki semasa kuliah itu saya praktekkan diusaha ini, alhamdulilah sekarang saya sudah dibantu beberapa karyawan dalam pekerjaan penggemukan sapi,” ungkapnya

Sementara itu Serda Ahmad berharap dengan silaturahmi ini dapat menyerap pengetahuan tentang penggemukan sapi, sehingga suatu saat ketika mencoba memelihara sapi sudah mampu cara melakukan perawatan dan pemeliharaan tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *